15 Jenis Karpet Terbaru Masa Kini

Lantai merupakan elemen penting dalam memberikan kenyamanan tempat tinggal, banyak orang yang memilih melapisi lantainya dengan karpet. Selain mempercantik ruangan, karpet juga memberikan kehangantan dalam ruangan. Jika anda berencana melapisi lantai rumah dengan karpet. Kenali dulu beberapa bahan sebagai pertimbangan sehingga tidak salah memilih jenis karpet yang akan digunakan.

Pertama-tama anda harus tahu terlebih dahulu jenis karpet berdasarkan konstruksi dan bentuknya. Karena hal tersebut akan memandu anda untuk membuat pilihan yang tepat dalam gaya hidup anda.
Jenis Karpet Berdasarkan Konstruksinya

1. Rumbai
Rumbai adalah teknik membuat karpet dengan menggunakan mesin tenun yang diarahkan oleh komputer. Dalam membuat berbagai pola karpet, ini menggunakan benang sintetis. Ratusan jarum akan menjahit sejumlah baris benang karpet melalui kain. Karpet berumbai memiliki daya tahan yang kokoh dan awet untuk waktu yang lama.

2. Tenun
Tenun dapat dilakukan dengan tangan atau pada alat tenun dengan mesin. Karpet tenun dibuat pada alat tenun dengan benang secara bersamaan dengan benang. Karpet tenun yang lebih mewah dan berkualitas premium, tentu saja akan mencerminkan harganya.

Jenis karpet berdasarkan bentuknya.

1. Karpet Tile, karpet ini dibentuk menyerupai ubin atau keramik dengan garis-garis dan warna yang berkesinambungan dari satu tile ke tile yang lainnya sehingga terkesan sederhana tetapi elegan. Karpet jenis ini biasa terdapat di ruangan-ruangan yang cukup luas seperti ruangan meeting atau balroom digedung perkantoran.

2. Karpet Permadani, karpet jenis ini biasa ditemukan diruangan-ruangan santai seperti ruang keluarga dan kamar tidur, selain berguna untuk mempercantik ruangan atau alas furniture permadani juga sering digunakan sebagai alas duduk dan bersantai keluarga agar suasana lebih hangat.

3. Karpet meteran, sesuai dengan namanya karpet ini dijual meteran dan berbentuk persegi panjang dengan ukuran-ukuran yang disesuaikan dengan pesanan. Karpet ini biasa kita temukan ditempat-tempat ibadah seperti untuk sajadah dimushola dan juga untuk acara-acara tertentu.

Nah, setelah mengetahui jenis karpet berdasarkan konstruksi dan bentuknya, berikut ini adalah jenis-jenis karpet yang dapat anda coba di rumah. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam memilih karpet yang sesuai dengan selera.

1. Karpet Twist Pile

[AFG_gallery id=’4′]

Dibuat dari jalinan serat, empuk saat diinjak oleh kaki, mampu menyembunyikan bekas telapak kaki, penyedok debu dan jejak pembersih. Ideal untuk diletakkan di ruangan dengan frekuensi aktivitas yang tinggi. Cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, lorong dan tangga.

2. Karpet Loop Pile

[AFG_gallery id=’5′]

Dibuat dari wool, nilon, prolipropilin atau gabungan dari ketiga bahan tersebut. Mampu menyembunyikan bekas tepak kaki. Ideal untuk tempat sibuk di dalam rumah. Kuku hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menyangkut pada karpet jenis ini, jadi para pemilik hewan peliharaan sebaiknya berhati-hati. Cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, lorong dan tangga.

3. Karpet Saxony

[AFG_gallery id=’6′]

Terbuat dari benang rajutan. Teksturnya yang berpilin membuatnya terlihat elegan. Teksturnya yang panjang membuatnya amat nyaman ketika diinjak. Dapat dengan mudah diratakan dan tidak menyembunyikan bekas telapak kaki. Cocok diletakkan di ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.
Ini adalah karpet terlembut dari semua karpet. Ketebalan yang lebat yang membuai kaki anda hidup dalam kenyamanan. Setiap benangnya memiliki sentuhan seragam, membuatnya menjadi solusi sempurna untuk kamar tidur utama dan ruang makan. Karpet jenis ini memberikan nuansa elegan dan tradisional.

4. Karpet Berber

[AFG_gallery id=’7′]

Berber adalah karpet jenis loop-pile yang terbuat dari bahan benang rajutan. Materialnya yang berat cocok untuk dipasang pada lokasi yang jarang dibongkar pasang. Bagus untuk menggunakannya dalam ukuran yang luas. Cocok diletakkan di ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.

5. Karpet Woven

[AFG_gallery id=’8′]

Diyakini oleh sebagian orang sebagai karpet dengan bahan dan tampilan terbaik. Biasanya memiliki kualitas tinggi. Terdapat dua jenis: Axminster dan Woven. Biasanya harganya mahal karena materialnya termasuk bahan langka. Cocok untuk diletakkan disemua ruangan rumah.

6. Karpet Plush

[AFG_gallery id=’10’]

Pada karpet jenis ini, semua serat dipotong pada ketinggian yang sama. Jenis karpet ini lebih disukai untuk rumah tangga yang sibuk dan cocok untuk ruangan yang menuntut permukaan halus.

7. Karpet Texture

[AFG_gallery id=’11’]

Ini adalah karpet yang paling serbaguna. Karpet ini mempunyai kelembutan yang akan melengkapi setiap bidang rumah. Karpet ini bagus dalam menyembunyikan noda kaki dan jejak vakum.

8. Karpet Frieze

[AFG_gallery id=’12’]

Karpet ini memberikan kenyamanan kasual karena seratnya yang ringan. Karpet ini memberikan kelembutan karena tidak kaku. Ini adalah karpet yang tahan lama, yang menciptakan permukaan bertekstur dengan penampilan kental. Karpet jenis ini biasanya dipakai untuk lorong-lorong dan kamar anak-anak.

9. Karpet Polypropylene

[AFG_gallery id=’13’]

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas karpet lantai berbahan polypropylene cocok untuk anda gunakan. Karpet lantai polypropylene terbuat dari bahan sintetis dengan tekstur yang halus. Karpet polypropylene juga dapat dibersihkan dengan air. Sayangnya benang pada karpet polypropylene mudah lepas, warna mudah pudar, dan lebih tipis dibandingkan dengan jenis karpet lainnya.

10. Karpet Nilon

[AFG_gallery id=’14’]

Dengan menggunakan karpet lantai nilon akan lebih menghemat biaya baik dalam pembelian maupun perawatan. Karpet lantai nilon sangat mudah dalam perawatan dan mudah di ganti per bagian apabila ada kerusakan. Karpet lantai nilon banyak digunakan untuk perkantoran karena biaya yang murah dan perawatan yang mudah, apabila berpindah lokasi karpet nilon juga mudah dipindahkan. Bahan nilon sendiri terbuat dari plastik sehingga bisa dicuci dengan air.

11. Karpet Sisal

[AFG_gallery id=’15’]

Bahan karpet sisal berasal dari tumbuhan sehingga lebih aman digunakan. Karpet sisal tidak dapat dicuci dengan air karena memiliki struktur yang kasar dan mudan mengembang apabila terkena air, untuk membersihkannya cukup menggunakan penyedot debu. Karpet sisal biasa digunakan untuk melapisi seluruh lantai dalam satu ruangan ataupun tangga rumah supaya tidak licin.

12. Karpet Viscose

[AFG_gallery id=’16’]

Bahan Viskose adalah bahan buatan yang menyerupai sutra atau sutra sintetis. Apabila Anda memiliki budget yang terbatas namum tetap menginginkan karpet lantai dengan bahan yang halus dan memiliki warna yang cantik karpet lantai viskose merupakan pilihannya.

13. Karpet Sutra (Silk)

[AFG_gallery id=’17’]

Kemewahan dan kenyamanan dalam rumah seketika didapatkan dengan menggunakan karpet lantai sutra. Karpet lantai sutra memberikan kenyamanan tinggi dengan kehalusan yang dimiliki serta keindahan dari warna nya. Karpet lantai sutra sangat cocok untuk Anda yang memiliki selera tinggi dan ingin memberikan estetika terbaik bagi ruangan Anda.

14. Karpet Wol

[AFG_gallery id=’18’]

Bahan wol merupakan bahan favorit yang banyak digunakan. Beberapa kelebihan dari karpet bahan wol adalah ketebalannya yang menjadikan karpet bahan wol lebih awet dan tahan lama. Karpet bahan wol juga sangat cocok di tempatkan di ruang keluarga, sangat memberikan kesan hangat dan elegan. Perawatan karpet lantai wol bisa menggunakan vacuum cleaner ataupun jasa cuci dry clean. Apabila anda memiliki budget lebih, bahan wol merupakan pilihan yang tepat.

15. Karpet Kulit (Leather)

[AFG_gallery id=’19’]

Bahan organik yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, kualitas dan manfaat yang diberikan karpet lantai kulit sudah tak diragukan. Tekstur lembut dan memberikan rasa hangat menjadikan karpet lantai kulit banyak digunakan. Kulit domba dan sapi adalah yang paling banyak digunakan sebagai bahan karpet lantai kulit. Hati-hati dalam penempatan karpet lantai kulit, jauhkan dari tempat yang mudah terkena noda karena kotoran mudah menempel di karpet lantai kulit dan karpet lantai kulit cukup sulit dibersihkan.

Rekomendasikan Produk Kami Ke Sahabat atau Kerabat Anda, Terima Kasih.

Join karpetraja.com Fans Page