Merawat Karpet

[AFG_gallery id=’54’]

Merawat karpet membutuhkan penanganan khusus. Karena jika kita salah atau kurang tepat dalam merawatnya bisa membuat karpet cepat rusak dan bertambah kotor. Dengan membersihkan karpet secara tepat, karpet Anda pun akan tetap awet. Lalu bagaimana cara yang tepat? Ini dia tipsnya.

  • Sering dibersihkan. Anda harus sering membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu, terutama jika Anda baru memasang karpet baru. Mungkin memang terlihat karpet Anda masih bersih tetapi serat-serat pada karpet bisa saja tercampur dengan kotoran dan debu. Nah, jika kotoran dan debu ini dibiarkan, akan terus menumpuk. Selain tidak bersih, juga tidak baik bagi kesehatan serta bisa merusak karpet itu sendiri. Setidaknya bersihkan karpet dengan vacuum cleaner minimal satu minggu sekali. Fokuskan pembersihan pada daerah yang sering dilewati orang, karena tentunya di situlah paling banyak terdapat kotoran dan debu yang menempel.
  • Jangan berjalan dengan kaki telanjang. Merawat karpet juga bisa dilakukan dengan aktivitas sehari-hari kita di atas karpet tersebut. Jika selama ini banyak yang beranggapan bahwa berjalan di atas karpet harus dengan kaki telanjang karena untuk menjaga kebersihannya, maka sekarang terungkap bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kaki kita sebenarnya mengeluarkan minyak dan keringat. Ketika kaki bersentuhan dengan karpet, minyak dan keringat pun akan menempel pada karpet sehingga menyebabkan kotoran dan debu mudah menempel. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengenakan sandal jepit atau kaus kaki saat berjalan di atas karpet.
  • Hindari mencuci karpet dengan sabun. Hindari detergen atau cairan yang mengandung sabun untuk membersihkan karpet. Hal ini dikarenakan busa yang dihasilkan oleh sabun bisa meninggalkan sisa-sisa residu yang bisa mengikat lebih banyak debu pada karpet. Selain itu, residu sabun juga bisa melemahkan serat karpet sehingga membuat karpet mudah rusak atau robek. Lalu bahan yang paling tepat untuk membersihkan karpet tanpa resiko merusaknya adalah cuka putih. Caranya adalah dengan mencampur satu botol cuka dengan satu gallon air. Siramkan campuran tersebut ke atas karpet, kemudian sikat sebentar dan bilas dengan air bersih. Jika Anda khawatir dengan bau cuka, Anda tidak perlu kuatir karena bau cuka akan hilang dalam 24 jam asalkan karpet Anda tidak dalam keadaan lembab terlalu lama.

Merawat karpet dengan tepat tidak membutuhkan tenaga dan uang yang banyak kan, Bunda. Karena ternyata hal-hal sederhana di sekitar kita bisa dimaksimalkan manfaatnya, seperti misalnya cuka putih. Selamat mencoba dan menikmati karpet yang bersih.

Rekomendasikan Produk Kami Ke Sahabat atau Kerabat Anda, Terima Kasih.

Join karpetraja.com Fans Page